Menanti Ruang Untuk Sepeda


Nov 27, '10 12:52 PM
for everyone
Saya sangat senang sekali membaca novel “negeri van oranje”. Sebuah novel buatan anak negeri, loh! Walaupun judulnya sangat ke Belanda-belandaan. Tidak heran memang dengan judul yang sangat Belanda, karena didalam novel ini mengisahkan mahasiswa/I universitas di Belanda yang berasal dari Indonesia. Dari sekian banyak kisah, plot, alur dan cerita saya sangat excited dengan bahasan Sepeda. Sepeda di Belanda atau negeri Eropa sangat popular. Selain mode transportasi yang hemat energi ternyata juga menyehatkan.
Ternyata hampir seluruh Mahasiswa di Belanda menggunakan Sepeda dalam beraktivitas. Kecuali pada saat musim dingin yang tak tertahankan, maka train atau kereta adalah pilihan yang paling hemat untuk di gunakan sebagai moda transportasi. Isu go green dan penghematan energi memang sangat gencar di sana. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Perkembangan penggunaan sepeda sudah dimulai sejak di gaungkannya komunitas Bike To Work ataupun komunitas sepeda onthel. Hampri di seluruh Indonesia sudah ada komunitas ini. Ada harapan tentunya untuk menghemat penggunaan energi kita. Menurut salah satu situs online detik.com mengatakan bahwa ternyata 65% bahan bakar habis untuk digunakan hanya di Jakarta saja. Sangat memprihatinkan bukan?.
Tetapi pemerintah seperti setengah hati dengan support komunitas yang mulai bersemangat menyerukan go green. Saat ini kita sangat sulit menemukan ruang untuk sepeda. Mall, stasiun, bioskop, perkantoran, tempat wisata seperti tak tanggap dan bersahabat dengan penyediaan ruang untuk sepeda. Kapankah hal ini akan diperhatikan oleh pemerintah? Asal jangan sampai kalau bahan bakar di dunia sudah habis baru terpikirkan menyediakan ruang untuk sepeda. Karena apabila hari itu tiba, mungkin masanya sudah habis dan berganti kekeringan dan kelaparan bertebaran dimana-mana

--------------------------------------
Artikel adalah original buatan saya, karena Multiply akan menghapus feature BLOG
maka saya pindahan content Blog Multiply saya ke http://kripikyayan.Blogspot ini.

Source: http://ya2nya2n.multiply.com

Popular posts from this blog

Novel Terbaru Tere Liye Hujan Terbit Januari 2016

Novel Terbaru Andrea Hirata ( Ayah )

Manfaat Kayu Manis Bagi Penderita Diabetes