Mari Ber-Kreatifitas: Seni Paper Craft

Sebagai orang tua yang memiliki anak laki-laki yang siap memasuki golden age sudah seharusnya menyiapkan berbagai aktifitasnya. Mulai dari aktifitas fisik, pikiran dan sosial. Kebetulan beberapa waktu lalu saya menyaksikan acara talkshow Hitam Putih yang di bawakan oleh Dedy Corbuzier sang mentalist yang mulai beralih menjadi host :). Bintang tamunya berasal dari komunitas papercraft Indonesia.

Talkshow Hitam Putih dengan Host Dedy Corbuzier


Apa itu Paper Craft? Papercraft adalah seni melipat kertas dalam bentuk 3D. Seni kreatifitas ini memiliki unsur gambar, bentuk, memotong, melipat dan menempel. Sehingga menjadi satu-kesatuan bentuk yang apik dan ciamik.

PaperCraft Model Dedy Corbuzier

Anda bisa membentuk sesuai panduan dari sang designernya, bersama anak bisa saling berdiskusi untuk merakit, memotong, mengelem hingga bentuk nya berwujud. Tentu ini akan memenuhi 3 aspek pendidikan kreatifitas sang anak, Fisik, Pikiran dan Sosial.

Libatkan pula teman-teman sebaya anak kita. Ini akan mengajarkan kepada anak kita pentingnya team work (kerjasama). Selain itu tentunya memupuk kebersamaan dan memberdayakan sesama. Tentunya berharap Indonesia yang bersatu (jauh amat visinya :D)

Menjauhkan anak kita dari ketergantungan kepada video games, internet game online dan segala macam bentuknya Digital Games adalah impian orang tua saat ini. Permainan traditional yang mulai terlupakan menjadi momok menakutkan bagi semua orang tua. Bukannya tidak boleh namun semuanya harus tawazun (seimbang). tetapi tentunya kita sebagai orang tua akan lebih bahagia ketika anak-anak kita tumbuh besar menjadi kreatif dengan permainan kreatif seperti papercraft ini.

Hasil karya papercraft
Mungkin anda kini mengira mana mungkin gambar Gundam, robot animasi Jepang diatas terbuat dari kertas yang dilipat dan dilem hingga menyerupai aslinya. Ini memang asli dari kertas. Penasaran? Sama saya juga! He he he he. Nah sekarang untuk membutikannya mulailah untuk mencoba-cobanya. Tips saya, mulailah dari yang mudah-mudah dahulu. Barulah beranjak ke bagian model yang expert seperti model Gundam diatas. Berikut beberapa contoh hasil karya PaperCraft:

Mbah Surip PaperCraft Model
Bus PaperCraft Model


Biaya? Jangan khawatir banyak design-design gratis yang dapat anda download gratis. Anda hanya tinggal me-ngeprintnya bila memiliki printer dirumah atau pergi ke penyedia jasa print digital yang saat ini mudah untuk ditemukan. Catatan: saat ini harga print digital ukuran A3+ kisarannya adalah 2000-5000 rupiah perlembar, cukup murah bukan!.

Dimana anda dapat memulai Kreatifitas seni papercraft ini?. Silahkan Google dengan Subject: Papercraft maka anda akan mendapatkan ribuan design gratis membuat berbagai bentuk papercraft. Kalau saya sering berkunjung dan bergabung bersama komunitasnya di link: perikertas.com

Selamat mencoba, saya juga sudah mendownload dan mulai membuat papercraft kesukaan anak saya, sebuah Bus Antar Kota. Sebarkan ya informasi ini bila bermanfaat terimakasih enjoy your creativity.

Popular posts from this blog

Novel Terbaru Tere Liye Hujan Terbit Januari 2016

Novel Terbaru Andrea Hirata ( Ayah )

Inilah cara menghadapi istri yg cerewet dan pemarah ala umar bin khottob