FSLDK Jadetabek Gelar Solidaritas Mesir

SINAIOnline- Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) se-Jadetabek (Jakarta, Depok, Tanggerang & Bekasi) mengelar aksi solidaritas menentang kudeta dan pembantaian di Mesir, Ahad (28/7).

Aksi ini dilakukan di depan Kedutaan Besar Mesir dilanjutkan longmarch ke Kemenlu RI. Aksi ini dimulai Pukul 09.50 WIB.

FSLDK yang merupakan gabungan lembaga Dakwah Kampus (LDK) se-Jadetabek ini mengecam kudeta yang dilakukan militer atas Presiden Muhammad Mursi, penahanan sepihak Presiden Mesir tersebut dan pelanggaran HAM atas pendukung Mursi, serta mengutuk pembantaian yang terjadi sejak Jumat lalu yang menelan korban meninggal dunia ratusan dan ribuan luka-luka.

Mereka juga menuntut kepada Kedubes Mesir dan Kemenlu untuk membebaskan Mursi beserta pendukungnya, mengembalikan pemerintahan kepada Mursi, dan menghentikan segala bentuk kekerasan atas pendukung Mursi

Walaupun diguyur hujan tetapi semangat mereka tetap teguh melakukan aksi. "Saudara-saudara kita di Timur Tengah sana dihujani siksaan sedangkan kita disini hanya dihujani air kecil" ungkap Anca, Ketua LD FIB UI.

Anca menuturkan, Masyarakat Indonesia bisa berpuasa dan menikmati Ramadhan dengan tenang. Tapi saudara muslim di Mesir  tidak bisa beribadah dengan tenang dan nyaman seperti kita. Anca mengimbau kepada umat muslim di Tanah Air untuk ikut mendo'akan keselamatan bagi masyarakat muslim di Mesir.

Sementara itu beberapa perwakilan FSLDK menemui pihak berwenang di Kemenlu untuk melakukan audiensi. Adapun hasil audiensi tersebut -sebagaimana dilaporkan FSLDK Jadetabek lewat akun twitternya siang ini- diantaranya: 
-Indonesia tidak mau mencampuri urusan dalam negeri Mesir, tapi Indonesia akan berusaha untuk menekan dan mendorong pemerintahan Mesir melakukan rekonsiliasi politiknya sesuai dengan parameter yang ada. 
-Kemenlu RI sudah menyatakan sikap bahwa Pemerintahan Indonesia prihatin dengan apa yang terjadi di Mesir. Kemenlu juga sudah mengirimkan perwakilannya ke Mesir untuk mendorong penyelesaian masalah di sana dan berjanji akan menyampaikan serta memproses tuntutan-tuntutan mahasiswa kepada kedubes Mesir yang ada di Indonesia. 
Kemenlu RI sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh mahasiswa hari ini sebagai bentuk kepedulian untuk Mesir. (rol/fsldk)

Redaktur: Harun AR

Popular posts from this blog

Novel Terbaru Tere Liye Hujan Terbit Januari 2016

Novel Terbaru Andrea Hirata ( Ayah )

Manfaat Kayu Manis Bagi Penderita Diabetes