Monday, November 12, 2012

TIPS SUKSES MENJADI PENULIS ALA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY


Senin 03 Desember 2007, kaki ini melangkah menuju ke sebuah kampus ternama di Indonesia di bilangan Depok. Sebuah acara bedah buku yang kudapatkan informasinya dari sebuah email mahasiswa kampus tersebut.

Ratusan mahasiswa dan mahasiswi telah memenuhi kursi yang disediakan panitia. Ada keanehan di sana dan pertanyaan yang menyeruak dalam bahkan penulis yang buku novelnya sedang di bedah-pun juga menanyakan di sela pembukaan.

Pertanyaannya adalah: “Kenapa yang mengadakan acara ini adalah Fakultas Ekonomi? Bukannya seharusnya yang mengundang adalah Fakultas Ilmu Budaya dan jurusan Bahasa Indonesia?” Peserta bedah buku pun tersenyum sampai tertawa. Celetukkan sesekali menggema di ruangan,”Ingin belajar strategi marketingnya biar jadi buku bestseller, kang abik!”.

Kang Abik tersenyum. Kebetulan bedah buku ketika cinta bertasbih 2 yang baru rilis menghadirkan langsung penulisnya Habiburrahman El Shirazy atau lebih dikenal kang abik. Acara pun mengalir dengan penuh semangat diselingi cerita tentang latar belakabng buku tersebut ditulis. Hingga sampailah sesi tanya jawab. Ada satu pertanyaan yang sepertinya layak di kutip penuh untuk oleh-oleh bedah buku senin sore hingga maghrib tersebut.

Seorang mahasiswa PNJ menanyakan ramuan-ramuan menulis sukses kang abik dalam menulis sehingga bestseller? Kang Abik menjawab berurutan dari tiga pertanyaan dilanjutkan menjawab pertanyaan cerdas salah seorang peserta ini. Dengan perlahan beliau menjawab:

            Ramuan-ramuan rahasis sukses saya menulis ada empat, yaitu:
            PERTAMA:    Saya hanya akan menulis dengan segala sesuatu
apa yang saya kuasai/ketahui.

“Cairo menjadi setting kisah novel karena saya kuliah disana dan menguasai seluk beluk cairo. Bahkan saya berpendapat kalau saya di suruh mencari kucing yang lepas di cairo pasti saya mengetemukannya dibandingkan kalau saya disuruh mencarinya di Jakarta. Jadi menulislah dengan awal sesuatu yang kita kuasai/ketahui.”

            KEDUA :        Lakukan RISET untuk menguatkan argumen
ilmiah dari tulisanmu

“jadi saya akan lebih mudah menulis skripsi dengan tema yang saya kuasai dan akan mengalir dalampembuatan skripsi dibanding saya mengambil tema skripsi yang tidak kuasai maka akan lama dan mungkin sekali tidak selesai.”

            KETIGA :       Tulislah dengan sepenuh HATI, JIWA dan PENGHAYATAN.

“Saya menulis dengan merasakan secara dalam bagaimana ketika AZZAM di daulat menggantilkannya membaca kitab di pesantren KH Luthfi ayahnya Anna Althafunnisa tanpa persiapa. Dan yang pasti kikkuk, grogi namun dapat mengatasinya karena sudah menguasai kitab tersebut”.

            KEEMPAT :  Rapihkan dengan PIKIRAN

“Yaitu edit kembali kosakata, EYD, makna kata, dan semua teknik dan teori yang baku sesuai EYD-nya.”

Semua peserta terlihat tersenyum puas mendengarkan penjelasan-penjelasan dari kang Abik. Di akhir satu buku berjudul “Nyanyian Cinta” di bagikan ke stu  peserta karena dapat menjawab soal yang di berikan olehnya. SELAMAT MENULIS.

-         al iyan –
-         rumah ide –
-         05 des 2007: 00.00 -

 Artikel adalah original buatan saya, karena Multiply akan menghapus feature BLOG maka saya pindahan content Blog saya ke Blogspot ini.
 
Source: http://ya2nya2n.multiply.com/journal/item/1/TIPS-SUKSES-MENJADI-PENULIS-ALA-HABIBURRAHMAN-EL-SHIRAZY

2 comments:

  1. wah, ini saya yg cari, akhirnya jumpa juga, walau telat rasanya tdk rugi membacanya. terima kasih full atas artikelnya ya. :)

    ReplyDelete
  2. @ayla Alhamdulillah semoga bermanfaat di share aja juga boleh :)

    ReplyDelete