5 cm review sesi 2


Judul    :5 cm review sesi 2
Penulis : Donny Dirgantoro
Editor : A. Ariobimo Nusantara
Penerbit : Grasindo
Tebal : 381 halaman

Persahabatan yang amat kental, Mimpi, Cita-cita dan Cinta menjadi basis Novel ini. Penulis membalutnya dalam latar petualangan pendakian gunung tertinggi di pulau Jawa: Semeru, untuk menyuguhkan kandungan inspirasi/hikmah yang terisi didalamnya. Tokohnya hidup dan aktif! Menambah serunya petualangan yang dilakukan. Riani (lagi-lagi ta sebut pertama qe qe qe, walau akhirnya bersanding dengan Zafran), Genta (Sosok yang kuat tegar dan realistis menggapai mimpinya walau ada sekuel cinta yang tak diraihnya dengan Riani karena lebih memilih Zafran – toh Genta bersanding dengan Citra pada akhirnya): dari sini kita melihat jodoh memang di tangan Allah SWT. Arial (akhirnya cintanya berlabuh pada Indy), Ian (berhasil mewujudkan mimpinya menikah dengan Heppy entah nama belankangnya Salma-kah? Berhasil bro), Dinda (Akhirnya dengan Deniek). Persahabatan, Mimpi, Cita-cita dan Cinta (jadi juga didalamnya cinta segi empat ya).

Tentang 5 cm sendiri menjadi klimaksnya dalam novel ini, simak petikan berikut ini:

“Setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita, kamu taruh di sini, di depan kening kamu… jangan menempel. Biarkan dia menggantung… mengambang… 5 centimeter… di depan kamu… jadi dia ngak akan pernah lepas dari mata kamu…”

"Dan…. sehabis itu yang kamu perlu…cuma….”
“Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas…”

“Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja…”
“Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya…”
“Dan kamu akan selalu dikenang sebagai seorang yang masih punya mimpi dan keyakinan, bukan cuma seonggok daging yang hanya punya nama. Kamu akan dikenang sebagai seorang yang percaya pada kekuatan mimpi dan mengejarnya, bukan seorang pemimpi saja, bukan orang biasa-biasa saja tanpa tujuan, mengikuti arus dan kalah oleh keadaan. Tapi seorang yang selalu percaya akan keajaiban mimpi, keajaiban cita-cita, dan keajaiban keyakinan manusia yang tak terkalkulasikan dengan angka berapa pun… Dan kamu nggak perlu bukti apakah mimpi-mimpi itu akan terwujud nantinya karena kamu hanya harus mempercayainya”
“Percaya pada… 5 centimeter di depan kening kamu”




5 cm merupakan breakdown kekuatan mempertahankan persahabatan, mengejar mimpi, cita-cita semuanya dalam kekuatan disini (sambil menunjuk kening berjarak 5 cm) nyambung kan sekarang? Kalau belum nyambung kayaknya yang baca review ini harus minjem Skripsinya Ian, qe qe qe. Sekuel lainnya juga menanamkan agar para generasi muda Indonesia untuk menyintai Indonesia yang juga terekam dalam novel ini. Upacara bendera saat 17 Agustus di Puncak Semeru. Perjuangan menuju Semeru yang teramat berat. Novel ini benar-benar mengembalikan rasa cinta tanah air ini bagaimanapun rupa dari tanah air ini. Toh, Home sweet home, atau lebih baik hujan batu dinegeri sendiri dari pada hujan emas dinegeri lain (semoga suatu hari di negeri ini akan ada hujan emas: NGAREP.Mode.On. he he he) gak apa-apa kan bermimpi seperti anak-anak 5 cm tadi. Lengkap sudah, generasi muda Indonesia harus baca novel ini. Dianjurkan dan yang penting Novel ini aman tidak menyebabkan rasa kantuk (emang obat), jantung, impoten,dll (he he he kayak iklan rokok). Oh iya sebagai catatan saya juga membaca Novel ini sambil jalan-jalan ke Cibodas, merasakan aroma sejuk dan dingin disana, merasakan apa yang dirasakan 6 sekawan dalam novel ini. Akhirnya menarik untuk dibaca berulang-ulang. Salut. Bravo 5cm. Judul yang singkat namun kaya makna.

Calliyan –Rawadas,11 Agustus 2009-

--------------------------------------
Artikel adalah original buatan saya, karena Multiply akan menghapus feature BLOG
maka saya pindahan content Blog Multiply saya ke http://kripikyayan.Blogspot ini.

Source: http://ya2nya2n.multiply.com

Popular posts from this blog

Novel Terbaru Tere Liye Hujan Terbit Januari 2016

Novel Terbaru Andrea Hirata ( Ayah )

Manfaat Kayu Manis Bagi Penderita Diabetes