Wednesday, September 19, 2012

[Cerpen] Si Bijak dan Si Pencemas

When planning for a year---saw corn.
When planning for a decade---saw trees.
When planning for a life time---train and educate men.
Kwan Tzu

Matahari kampus hijau menelisik pori ini, coklat menjadi teman sehari-hari. Jurusan bisnis menemaniku di tahun ketiga kuliah di sebuah kampus penghasil guru, pencerdas bangsa. Entah kenapa aku tak dapat menghilangkan sense of business yang terlahir dari keluarga. Itulah sebabnya aku begitu bersemangat menimba ilmu bidang bisnis.

Di tahun ketiga ini salah satu mata kuliah yang harus kutempuh adalah mata kuliah Praktek Berbisnis. Sebuah mata kuliah spesial, oleh sebab itu dibebankan 6 sks kepada mahasiswa yang mengambil jurusan bisnis. Disinilah mahasiswa akan mengaplikasikan semua ilmu yang telah dipelajari selama tiga tahun. Banyak kisah dari mata kuliah yang dijalankan senior terdahulu.

Yang paling kuingat adalah bang Yorsa, Mahasiswa angkatan 99 yang kini telah menjadi pengusaha sukses setelah menjalankan mata kuliah praktek berbisnis. Aku salah satu junior yang beruntung bisa bertemu dalam moment singkat di sebuah masjid kampus selepas dzuhur. Kami berbincang tidak lebih dari 3 menit. Dan tak kusiasiakan dengan pertanyaan jitu, ”Filosofi bisnis apa yang bang Yorsa pelajari hingga sukses seperti ini?”. ”Randi, tak ada kesuksesan tanpa kesungguhan dan nilai dasar yang kita yakini dan pegang. Betapapun latar belakangmu. Tapi satu hal yakinilah bahwa bisnis adalah olahraga tim. Tahukah kamu filosofi KwTzu, ”Apabila merencanakan untuk satu tahun, tanamlah jagung. Apabila merencanakan untuk satu dekade, tanamlah pohon. Apabila merencanakan untuk sepanjang hidup, latih dan didiklah orang. Begitu juga dalam islam mengajarkan ihsan dalam bisnis. Karena bisnis adalah silaturahmi. Selanjutnya belajarlah sendiri temukan kata-kata bisnis dalam hatimu, Assalamualaikum”.

* * * * *

Semua teman sekelasku telah memulai menjalankan mata kuliah ini. Aku masih belum memulainya bukan karena belu memiliki konsep bisnis yang jelas, bahkan aku telah menyusunnya di tahun ke-2 dan dengan analisa yang tajam akan prospek yang cerah bukan hanya untuk saat ini sampai mata kuliah selesai tetapi untuk seterusnya. Kunci pertama yang paling kuingat adalah ilmu yang diberikan Bang Yorsa, Bahwa bisnis adalah olahraga tim, dan aku akan menanam bisnis ini untuk seumur hidup. Maka yang harus aku lakukan adalah mendidik dan melatih orang yang dapat kupercaya dan memiliki kredibilitas serta integryty untuk menjalankan bisnis ini.

Aku melangkah ke beberapa teman yang telah kukenal. Mencoba memberikan penjelasan konsep bisnis yang aku miliki. Orang pertama yang ku temui adalah Sholeh, teman SMP ku yang kini kuliah di ITB. Aku selalu menyebut Sholeh sebagai profesor kecil bidang Komputer. Sejak SMP dia Sholeh telah menguasai bahasa pemrograman dasar. Web sekolah adalah ciptaannya. Orang kedua adalah.......(bersambung)

-         http://ya2nya2n.multiply.com
-         05 agustus 2008 –
-         Dalam masa New Day, New Condition and New Adaptable -

--------------------------------------
Artikel adalah original buatan saya, karena Multiply akan menghapus feature BLOG
maka saya pindahan content Blog Multiply saya ke Blogspot ini.

Source: http://ya2nya2n.multiply.com

No comments:

Post a Comment