LANGKAH: MEMUPUK RASA PERCAYA DIRI DALAM BISNIS



: Tinjauan Seorang Ahli Tukang Cat
Oleh: Yayan Supardjo

Dalam artikel bisnis ini satu hal yang paling penting adalah adanya rasa percaya diri dalam menjalankan bisnis. Dalam tahap ini manusia-manusia yang memiliki dan mampu memupuk rasa percaya dirinya akan terus survive (bertahan) karena disaat satu hal masalah mengemuka ia akan mencari solusi dan menemukan jalan keluar yang baik dan yang pasti mempertahankan rasa percaya diri bahkan boleh jadi bertambah.
Ada contoh sederhana bagaimana cara memupuk rasa percaya diri dalam bisnis atau menjalankan bisnis. Ya tukang cat adalah contoh paling sederhana. Suatu saat tukang cat mendapati tembok yang begitu kusam, terkelupas, dan telah berubah warna serta terdapat lubang-lubang disana-sini karena bekas paku. Disini kita dapat lihat apabila tukang cat itu tidak berpengalaman (akan mengeluh karena dinding rusak dan berlubang sulit di cat akhirnya ambil jalan pintas) bisa saja ia langsung mengamplas dan mengecatnya namun sisi yang lain belum diperbaiki sehingga berpotensi cat tidak bagus dan tidak rapih dan pasti akan cepat rusak. Namun apabila tukang cat berpengalaman ia akan segera menjalani step-step (langkah-langkah) mengecat yang baik (*note: Tukang cat yang berpengalaman sudah memiliki SOP yang jelas menghasilkan karya cat yang terbaik). Ia mulai menjalani satu persatu langkah kerjanya;
Pertama, ia akan mulai mengecat dari bagian atas atau lantai dua dan dimulai dari plafond sebelum menuju ke dinding. Kedua, ia akan mengambil kape (seperti plat untuk mengikis cat-cat lama yang mengelupas) dikikis sisa-sisa cat yang menempel dinding sampai bersih. Ketiga, ia mulai mengambil semen putih dan menambal bagian-bagian yang berlubang diakibatkan paku dan kerusakan dinding lainnya, Keempat, Ia mulai mengamplas bersih hingga rapih dan halus dinding. Kelima, Ia akan mengambil alas bisa koran, triplek dan sebagainya yang bisa digunakan untuk melindungi lantai dari tetesan cat nantinya. Kelima, Ia akan mulai mengecat dinding dengan dimulai cat tipis terlebih dahulu satu kali dan kemudian cat finishing yang kedua kali. 
Dengan step-step yang telah dibuatnya pekerjaannya teratur dan Tuakng cat telah membuat sistem yang mampu memupuk rasa percaya dirinya bahwa ia adalah tukang cat yang berpengalaman menghadapi berbagai dinding rusak.
Begitu penting rasa percaya diri untuk seorang pebisnis. Membuat step-step yang jelas dengan mendefinisikan setiap core bidangnya. Sehingga secara tidak langsung ia telah memupuk rasa percaya dirinya. Menghadapi masalah dengan sistem yang dibuat. Makanya tidak heran ISO dan lain-lain berkembang kini. Karena fungsinya begitu besar.
Semoga bermanfaat.

-         http://ya2nya2n.multiply.com
-         Yandji – Call_iyan –
-         Jakarta, 6 Juli 2008 – 07.40 -

--------------------------------------
Artikel adalah original buatan saya, karena Multiply akan menghapus feature BLOG
maka saya pindahan content Blog Multiply saya ke Blogspot ini.

Source: http://ya2nya2n.multiply.com

Popular posts from this blog

Novel Terbaru Tere Liye Hujan Terbit Januari 2016

Novel Terbaru Andrea Hirata ( Ayah )

Inilah cara menghadapi istri yg cerewet dan pemarah ala umar bin khottob